• Kemenparekraf target kembangkan ekonomi kreatif berbasis seni

    Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan mampu mengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni budaya, media, desain, dan Iptek (Ilmu penge

    tahuan dan teknologi).

    "Berdasarkan rencana kerja pemerintah bidang ekonomi kreatif tahun 2012, kami memprogramkan pengembangkan ekonomi kreatif berbasis seni budaya dan ekonomi kreatif berbasis media, desain, dan Iptek," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sapta Nirwandar, di Jakarta, Kamis.

    Ia mengatakan, untuk program tersebut pihaknya telah melakukan Rapat Kerja dengan Komisi X DPR RI, salah satunya, untuk menginventarisasi kebutuhan tambahan anggaran.

    Tercatat berdasarkan Rapat Kerja tersebut telah diinventarisasi kebutuhan tambahan anggaran sebesar Rp900 miliar.

    "Kebutuhan anggaran Rp900 miliar ini dialokasikan untuk delapan kegiatan pokok di bidang ekonomi kreatif," katanya.

    Delapan kegiatan pokok itu adalah penelitian dan pengembangan ekonomi kreatif, pengembangan sumber daya ekonomi kreatif, peningkatan kreativitas dan nilai tambah film, video, dan fotografi, serta peningkatan kreativitas dan nilai tambah seni pertunjukan dan musik.

    Di samping itu, untuk peningkatan kreativitas dan nilai tambah seni rupa dan kuliner, peningkatan kreativitas dan nilai tambah media, publikasi, dan elektronik, peningkatan kreativitas dan nilai tambah desain dan arsitektur, serta peningkatan kreativitas dan nilai tambah piranti lunak dan permainan interaktif.

    Pihaknya juga berencana akan memasukkan kuliner sebagai sub-sektor ekonomi kreatif yang ke-15 yakni kuliner.

    "Kuliner erat kaitannya dengan sektor pariwisata dan diharapkan dapat semakin berkembang dan menjadi daya tarik wisatawan sekaligus identitas bangsa Indonesia," katanya.

    Sebanyak 14 sub-sektor ekonomi kreatif yaitu fesyen, pasar seni & barang antik, permainan interaktif, film video & fotografi, kerajinan, musik, desain, periklanan, televisi & radio, seni pertunjukan, riset & pengembangan, layanan komputer & piranti lunak, penerbitan & percetakan, serta arsitektur.

0 komentar:

Posting Komentar