• Mengembangkan Bisnis Syariah


    Sistem bisnis seperti apa yang akan Anda pilih? Bisnis syariah merupakan bisnis yang cocok di era saat ini. Latar belakang yang mendasari bisnis syariah yang sekarang banyak diperbincangkan serta dikupas mengenai bagaimana cara memulainya. Dimulai dari makna dibalik kata atau label syariah. Bisnis Syariah itu sendiri merupakan suatu bisnis yang bertujuan untuk menyejahterakan para anggotanya, jadi proses pemutaran bisnisnya terbuka tanpa adanya sesuatu yang ditutupi, jadi bisa diambil kesimpulan bahwa bisnis ini terjadi akibat salanig percaya antara si pelaku bisnis dan konsumen yang saling menguntungkan. Mengenai prakteK nilai-nilai syariah sendiri dijadikan sebagai motivasi dalam menjalankan seluruh proses bisnis yang akan dilaksanakan. Maka bisa disebut juga Syariah sebagai dasar berjalannya suatu usaha.
    Langkah-langkah yang dapat dijalani dalam mengembangkan suatu bisnis dijelaskan dengan terperinci serta diberikan berbagai contoh yang berhubungan dengan bisnis tersebut. Berikut ini langkah- langkahnya
    1. Cara memunculkan ide-ide mengenai bisnis
    2. cara membuat sertifikasi secara halal
    3. Membuat rencana bisnis yang nyata, analisa SWOT
    4. Mengembangkan bentuk pembukuan, promosi usaha
    5. Bagaimana membuat potensial penjualan yang terencana serta
    6. Sistem penggajian Islami yang jelas dan transparan.
    Kemudahan konsep pembagian keuntungan yang merupakan sistem bisnis syariah dijabarkan dengan bahasa yang mudah dicerna. Berbeda jauh dengan bisnis secara konvensional yang berpatokan bunga dan memprioritaskan si pemilik modal yang tidak mau mengalami kerugian. Daftar bagi hasil yang diajukan sistem syariah mempunyai kelebihan yang berupa keadilan dalam pembagian hasil, antara keuntungan besar dan kecil sama-sama dirasakan. Dengan sistem bagi hasil, pemodal dan yang menjalankan memiliki posisi yang sama kuat sama-sama mempunyai kesempatan untuk untung dan rugi dalam bisnis tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar